Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 10

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 10

PEMBELAJARAN 10

BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 10 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A    A. NIKMATNYA BERSYUKUR

        Bersyukur adalah rasa berterimakasih kepada Allah Swt. Allah Swt. telah memberikan kasih sayang dan karunia kepada kita. Bersyukur tidak cukup hanya dengan mengucapkan alhamdulillah, tetapi dengan cara menggunakan nikmat tersebut untuk beribadah kepada Allah Swt. Kebalikan dari bersyukur adalah kufur nikmat. Kufur nikmat yaitu tidak menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang didapatkan benar-benar dari Allah Swt.

          Manfaat bersyukur kepada Allah Swt. adalah: 

      1. Allah Swt. akan menambahkan nikmat kepada kita. 

      2. Kita jauh dari sifat ingkar terhadap nikmat Allah Swt. 

      3. Allah Swt. akan selalu mengingat kita. 

      4. Kita terhindar dari azab Allah Swt. 

      5. Kita selalu berbaik sangka kepada Allah Swt. dan sesama manusia. 

       6. Kita terhindar dari sikap sombong. 

       7. Hati kita menjadi lapang, tenang dan bahagia. 

     Pengembangan Materi 

        Nikmatnya Bersyukur Apabila direnungkan secara mendalam, ternyata banyak nikmat Allah Swt. yang telah kita terima dan gunakan dalam hidup ini. Demikian banyaknya sehingga kita tidak mampu menghitungnya. Allah Swt. berfirman, ‘’Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.’’ (Q.S. an-Nahl/16:18). Pelajaran 10 Bersyukur kepada Allah Swt. Hakikat “syukur” adalah menampakkan nikmat dengan menggunakannya pada tempat dan sesuai dengan kehendak pemberinya. Sedangkan “kufur nikmat” adalah menyembunyikan dan melupakan nikmat. Allah Swt. berfirman “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.’’ (Q.S. Ibrahim/14:7).

    B. SIKAP BERSYUKUR

          Sebaik-baik hamba Allah Swt. adalah orang yang selalu memanjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. Jika memperoleh nikmat, yang dilakukannya adalah: 

       1. Mengucapkan alhamdulillah sebagai rasa syukur kepada Allah Swt. 

       2. Berbuat yang lebih baik. 

       3. Meninggalkan perbuatan yang buruk. 

       4. Melakukan perbuatan yang baik kepada sesama. 

       5. Bersedekah kepada orang lain yang tidak mendapatkan nikmat. 

       6. Menggunakan nikmat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

     Pengembangan Materi 

           Sikap Bersyukur Ada beberapa cara mensyukuri nikmat Allah Swt.. Pertama, syukur dengan hati. Ini dilakukan dengan mengakui sepenuh hati apa pun nikmat yang diperoleh bukan hanya karena kepintaran, keahlian dan kerja keras kita, tetapi karena anugerah dan pemberian Allah Swt. Yang  Maha Kuasa. Keyakinan ini membuat seseorang tidak merasa keberatan betapa pun kecil dan sedikit nikmat Allah Swt. yang diperolehnya. Kedua, syukur dengan lisan. Yaitu, mengakui dengan ucapan bahwa semua nikmat berasal dari Allah Swt.. Pengakuan ini diikuti dengan memuji Allah Swt. melalui ucapan alhamdulillah. Ucapan ini merupakan pengakuan bahwa yang paling berhak menerima pujian adalah Allah Swt. Ketiga, syukur dengan perbuatan. Hal ini dengan menggunakan nikmat Allah Swt. pada jalan dan perbuatan yang diridai-Nya, yaitu dengan menjalankan syariat, mena’ati aturan Allah Swt. dalam segala aspek kehidupan.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI




0 comments

Post a Comment