Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 1


 PEMBELAJARAN 1

MARI BELAJAR Q.S AL-FALAQ

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 1 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A.     Membaca Q.S Al-Falaq

Anak-anak….coba perhatikan gambar berikut :

Coba tebak gambar apa ini..? Yaa kita semua tahu diatas adalah gambar seorang guru dan siswa sedang belajar, mereka sedang belajar membaca Al-Quran. Kenapa sih kita harus membaca Al-Quran..? ada yang tahu..? apa sih manfaatnya kalau kita membaca Al-Quran..? 

Jawabanya adalah agar kita menjadi anak soleh dan solehah dan mendapatkan pahala kebaikan seperti sabda Nabi Muhammad SAW: Khairukum man ta`alamal qur`an wa `allamahu” artinya: sebaik-baik kalian yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. Jadi kalau kita belajar dan membaca Al-Quran kita termasuk anak yang baik, anak yang soleh dan solehah.

Baik anak-anakku yang soleh solehah, Kali ini kita akan belajar salah satu surat yang ada dalam Al-Quran yaitu Q.S. Al-Falaq.

Apa arti al-Falaq? Ada yang tahu..?

Al-Falaq artinya waktu subuh. Rasulullah saw. sering membaca surah ini, terutama ketika dalam perjalanan agar selalu terpelihara dan terhindar dari kejahatan.Di dalam Q.S al-Falaq ini pada ayat pertama Allah Swt. memerintahkan Nabi Muhammad saw agar Membaca:

Yang artinya : “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (falaq)”. Maksudnya, Allah memerintahkan kepada nabi dan umatnya selalu berlindung kepada Tuhan agar terpelihara dari kejahatan.

Pada surah al-Falaq ini menceritakan: ada kejahatan makhluk, ada kejahatan malam apabila gelap gulita, ada kejahatan tukang sihir (mantera-mantera), dan ada kejahatan orang dengki. Apabila kita membaca Q.S al-Falaq, insya Allah kita akan terhindar dari berbagai kejahatan.

Dengan demikian, Q.S al-Falaq ini mengajarkan kepada manusia agar meminta pelindungan dari segala kejahatan hanya kepada Allah SWT. Dan hanya Allah SWT satu-satunya tempat berlindung.

Baik anak-anak sekarang mari kita perhatikan tulisan surah Al-Falaq berikut beserta Artinya, nanti setelah itu kita sama-sama membacanya.

Semuanya sudah memperhatikan tulisan dan artinya, kalau sudah mari kita sama-sama  membaca terus menerus dan diulang-ulang agar kita semua hafal surah tersebut. Demikian pelajaran kita hari ini semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Aamin 3X ya Rabbal Alamin. Baiklah anak-anakku sholih sholihah kita sudah belajar Q.S Al-Falaq. Pesan Bapak/Ibu guru terus baca berulang-ulang di rumahnya masing-masing dan semangat belajar. 


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI


0 comments

Post a Comment