Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 1

 


PEMBELAJARAN 1

INDAHNYA SALING MENGHORMATI

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 1 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Pengenalan Q.S. al-Kafirun

    Surat al-Kafirun mengisyaratkan tentang pupusnya harapan orang-orang kafir Qurays Mekah zaman itu tehadap dakwah Nabi Muhammad saw. Nabi Muhammad saw. tidak mau mengikuti tata cara beribadah orang-orang kafir Quraisy. Mereka dipersilakan beribadah menurut ajaran agamanya sendiri. 

       Surat al-Kafirun tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekah sesudah surat al-Maun. Dinamai ”al-Kafirun” (orang-orang kafir) diambil dari perkataan ”al-Kafirun” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

B. Cara Membaca Q.S. al-Kafirun

Tata cara memulai membaca al-Qur’an dengan isti’azah/ta’awudz yang bacaannya

dan basmalah yang bacaannya

Kemudian, cermati dan ikutilah langkah-langkah cara belajar Q.S. al-Kafirun berikut ini.

3. Membaca kalimat bahasa dari arah sebelah kanan ke kiri. Membaca ayat-ayat surat al-Qur’an harus dengan lafal dan makhraj yang benar.

4. Cermati cara pengucapan Bapak atau Ibu kamu dalam melafalkan ayat-ayat Q.S. al-Kafirun

5. Bacalah Q.S. al-Kafirun dengan tartil.

6. Bacalah berulang-ulang sampai lancar. 

C. Menulis Q.S. al-Kafirun

        Menulis huruf al-Qur’an harus benar dan baik. Aku harus bisa menulis huruf al-Qur’an baik, benar dan indah. Aku harus giat berlatih. Aku harus teliti, disiplin dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tulisan. Agar tulisan benar dan baik harus memperhatikan huruf hijaiyah yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir. Juga harus memperhatikan pula pada huruf yang hanya bisa disambung di akhir. Di bawah ini contoh huruf hijaiyah yang dapat disambung di awal, di tengah, dan di akhir

Contoh huruf hijaiyah yang hanya dapat bersambung di akhir atau dari kanan.

D. Memahami Makna Q.S. al-Kafirun
        Ayo, kita pahami bersama makna tiap ayat dalam Q.S. al-Kafirun! Untuk memahami arti surat Q.S. al-Kafirun marilah kita bermain “merangkai kata”. Nanti anak-anak bisa cocokan arti perkata dari Q.S. al-Kafirun.

Sekarang anak-anak bisa mencobanya dan semoga berhasil...!

Silahkan simak video dibawah ini :


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI




0 comments

Post a Comment