Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI Pembelajaran 3

 

PEMBELAJARAN 3

ALLAH MAHA PENCIPTA

Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 2 SD/MI Pembelajaran 3 memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Yakin Allah itu Maha Pencipta 

Allah Swt. adalah Tuhan yang menciptakan alam ini. Kalau kita melihat semua yang ada di langit dan di bumi, maka kita semakin yakin bahwa Allah Swt. adalah Maha Pencipta. Adanya alam semesta ini ini adalah bukti bahwa Allah yang menciptakan. Tidak mungkin muncul dengan sendirinya tetapi Allah yang telah menciptakan semua Makhluk di dunia ini.

Kita harus menyakini bahwa Allah Maha Pencipta. dengan kita yakin Allah Maha Pencipta kita akan lebih giat beribadah karena kita sadar bahwa Allah yang menciptakan kita semua dan kita akan kembali kepada-Nya. 

Yuk kita nyanyi dulu

Allah Mahapencipta

(nada lagu: Menanam jagung)

Allah Tuhan kita semua

Yang menciptakan alam semesta

Allah al-Khaliq, Allah al-Khaliq

Allah Ta’ala Mahapencipta

Allah, Allah Mahapencipta

Langit dan bumi serta isinya

Haruslah yakin, haruslah yakin

Allah ta’ala Mahapencipta

B. Al-Khaliq 

    Al-khaliq adalah salah satu Asmaul husna yang artinya maha pencipta,sedangkan yang diciptakan semua adalah makhluk. Semua yang diciptakan dialam semesta ini beserta isinya disebut makhluk termasuk manusia, hewan dan tumbuhan, bebatuan, pegunungan ,bumi, matahari, bulan dan bintang.

Perhatikan gambar dibawah ini !


selanjutnya air,api,udara termasuk juga ruh malaikat,jin,iblis dan syetan ,itu semua adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah.

    Allah menciptakan alam semesta beserta isinya hanya dengan mengucapkan kalimat “kun fayakun” yang artinya “Jadilah! maka Jadilah!” Allah Al-khaliq menciptakan alam semesta beserta isinya tanpa bantuan sedikitpun dari siapapun dan apapun.

    Ciptaan Allah Al-khaliq berbeda dengan ciptaan manusia,hanya Allah-lah yang mengetahui berapa banyak tetesan air hujan yang jatuh ke bumi dan jumlah butiran-butiran pasir dilautan. Hanya Allah swt Al-khaliq yang mengetahui berat sebuah gunung dan besarnya gunung itu tidak dapat menghalangi pandangannya, secerdas apapun manusia itu namun seandainya seluruh manusia yang terpandai didunia berkumpul untuk menciptakan sebutir beras saja,niscaya mereka tidak akan mampu apalagi mengatur perputaran tata surya, tidak akan mungkin manusia bisa mengatur alam semesta ini dan itu adalah kebesaran dari ciptaan Allah swt.

Nah anak-anak mari kita simak arti dari sebuah ayat Al-qur’an :

“Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup.(yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling”.(Q.S.Al-An’am/6 :95)

Sebelum kita tutup mari kita bernyanyi dulu bersama ….

Judulnya : Allah Maha Pencipta (Dengan nada: Menanam Jagung)

Allah Tuhan kita semua

Yang menciptakan alam semesta

Allah al-Khaliq, Allah al-Khaliq

Allah Ta’ala Maha Pencipta 

Allah, Allah Maha Pencipta

Langit dan bumi beserta isinya 

Haruslah yakin, haruslah yakin

Allah ta’ala Maha Pencipta

Kita harus memiliki keyakinan dan kepercayaan bahwa Allah Swt itu memiliki kebesaran atas segala ciptaan-Nya dan selalu bersyukur atas apa yang telah diciptakan oleh Allah swt, Dengan begitu kita semua akan menjadi hamba-hamba Allah yang beriman.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

0 comments

Post a Comment