Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 6

Materi PAI Daring Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 6

PEMBELAJARAN 6

INDAHNYA SALING MEMBANTU

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 6 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A.    Membaca Q.S. al-Maidah/5:2

    Dalam membaca Q.S. al-Ma'idah/5:2 hendaknya dimulai dengan isti’azah (A’uzubillahi minasysyaitanirrajim) dan basmalah (Bismillahirrahmanirrahim). Kemudian cermati dan ikutilah langkah-langkah cara belajar Q.S. al-Ma'idah/5:2 berikut ini. 

1. Perhatikan tanda baca :

Fatha

 Fatha dibaca "a"


Kasrah
      Kasrah dibaca "i"


Dammah
   Dammah dibaca "u"



Kemudian ada tanda baca Tanwin :

Fathatain
      Fathatain dibaca "a"


Kasrahtain
   Kasrahtain dibaca "a"


Dammahtain
Dammahtain dibaca "a"



Ada juga tanda baca mati yaitu :

Sukun
        Sukun



Ada juga tanda baca dibaca dobel yaitu :

Tasydid
       Tasydid


2. Membaca kalimat bahasa dari arah sebelah kanan ke kiri. Membaca ayat ayat al-Qur’an harus dengan lafal dan makhraj yang benar. 

3. Cermati cara pengucapan bapak atau ibu guru kamu dalam melafalkan ayatayat Q.S. al-Ma'idah/5:2.

4. Bacalah Q.S. al-Ma'idah/5:2 dengan tartil. 

Materi PAI Daring Kelas 6 SD/MI Pembelajaran 6

B.    Kandungan Q.S. al-Maidah/5:2

    Penggalan Q.S. al-Ma'idah/5:2 ini berisi tentang ajakan tolong-menolong dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Kita diharuskan saling menolong kepada sesama kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan, sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Misalnya, ada teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak, karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi bila ada teman kita yang mengajak ke mesjid untuk mendengarkan ceramah agama atau ┼čalat berjamaah, kita harus mendukungnya. Begitu pula bila ada teman mengajak nonton televisi atau main game terus menerus sehingga lupa makan dan belajar, kita harus menolaknya. Tetapi bila ada teman yang mengajak kita belajar bersama, maka kita harus mau bergabung. Karena belajar bersama sangat baik dan menguntungkan, insya Allah kita akan mendapat karunia dan pahala dari Allah Swt. 


0 comments

Post a Comment