Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 5

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 5

PEMBELAJARAN 5

SALAT KEWAJIBANKU

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 5 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A.     Inti Ibadah Salat

    Salat artinya doa. Salat diartikan pula sebagai serangkaian ucapan dan gerakan tertentu yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Salat dilaksanakan untuk membuktikan pengabdian diri kita kepada Allah Swt. 

    Melaksanakan salat berarti memohon ampunan kepada Allah Swt. Salat merupakan ibadah yang diperhitungkan pertama kali setelah hari kiamat tiba. Salat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Apakah kamu sudah terbiasa melaksanakan salat lima waktu? Di manakah kamu melaksanakan salat lima waktu?

Pengembangan Materi

Manfaat ibadah Salat 

    Salat merupakan ibadah yang tidak boleh ditinggalkan. Siapa yang rajin melaksanakannya berarti ia telah menegakkan agama Islam. Sebaliknya, jika ia meninggalkannya maka sama saja ia telah menghancurkan agama. 

    Rasulullah saw. bersabda: Salat adalah tiang agama. Siapa orang yang menegakkan maka berarti ia telah menegakkan agama. Barang siapa meninggalkannya maka ia telah merusak agama. (Hadis) Karena begitu pentingnya, maka salat menjadi salah satu rukun Islam. Amal ibadah yang pertama kali akan ditanyakan oleh Allah Swt. di alam akhirat kelak adalah salat kita. Apakah kita kerjakan dengan rajin ataukah tidak. 

    Waktu salat sudah ditentukan. Salat yang wajib terdiri atas subuh, zuhur, Asar, Magrib dan Isya. Salat yang kita laksanakan sehari lima kali itu bisa menjadi sarana beristirahat dan menghentikan penat serta kesibukan sehari-hari. Apalagi bila pekerjaan seseorang memerlukan otot dan pikiran yang melelahkan. Maka salat bisa menyejukkan hati dan menenangkan pikiran. Sejuknya air wudu yang membasuh anggota badan tertentu dan belum kering menambah kesejukan badan kita lahir dan batin.

    Salat berisi doa, harapan dan permohonan taubat. Salat bisa berfungsi mengarahkan pelakunya menjadi orang baik, yaitu orang yang akan meninggalkan segala larangan Allah Swt., perbuatan keji dan mungkar. Karenanya, orang yang rajin salat akan menjadi baik hidupnya, misalnya: 

1. Akan menjadi anak yang disiplin. 

2. Akan menghormati waktu dan tidak suka terlambat. 

3. Akan mudah berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan. 

4. Akan merasakan hidup tenang. 

    Orang Islam yang berkewajiban menjalankan salat adalah muslim yang sudah akil balig. Bagi yang belum balig, tetapi sudah mulai berumur tujuh tahun, ibadah salat seharusnya sudah mulai dibiasakan. Orangtuan disarankan agak menyuruh putra-putrinya menjalankan salat apabila sudah berumur 7 tahun.

B. Hikmah Salat

Salat akan memberikan hikmah yang bermanfaat jika dilaksanakan dengan sempurna, memenuhi syarat rukun, khusyu’ dan ikhlas karena Allah Swt. Hikmah salat di antaranya: 

1. Selalu mengingat Allah Swt.

2. Mendekatkan diri kepada Allah Swt.

3. Disiplin waktu.

4. Hidup bersih. 

5. Hidup tertib dan teratur.

6. Bersikap rendah hati.

7. Hidup damai dan menyebarkan keselamatan. 

8. Hati menjadi tenang dan tenteram.

9. Membina kebersamaan, persatuan dan persaudaraan.

10. Memelihara diri dari perbuatan dosa.

Pengembangan Materi

    Hikmah salat artinya inti ibadah yang timbul sebagai akibat kita mengerjakan salat. Misalnya berupa perbuatan yang baik yang tumbuh dalam diri setelah rajin melakukan salat. Salat dimaksudkan agar orang yang melakukannya selalu merasa dekat dengan Allah Swt., sehingga setiap perilakunya setelah salat selalu didasari petunjuk Allah Swt.. Jika seseorang jarang mengingat Allah Swt. biasanya akan berbuat sesuka hatinya. Namun, dengan salat seseorang akan berbuat sesuai petunjuk Allah Swt. 

Contoh hikmah tersebut: 

a. Selalu mengingat Allah Swt. Rajin melaksanakan salat banyak mengingat Allah Swt. 

b. Mendekatkan diri kepada Allah Swt. Salat merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan salat, kita ingat akan dekatnya Allah Swt. kepada kita, sehingga akan semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt. 

c. Disiplin waktu. Orang yang salat tepat waktu, selalu menggunakan waktunya dengan baik. 

d. Hidup bersih. Syarat sah salat harus bersuci. Orang yang salat hidupnya selalu bersih. 

e. Hidup tertib dan teratur. Salat memiliki rukun yang tertib urutannya. Salat mengajarkan agar hidup tertib dan teratur. 

f. Bersikap rendah hati. Dalam salat setiap orang sama derajatnya, artinya hidup harus rendah hati. 

g. Hidup damai dan menyebarkan keselamatan. Salat diakhiri dengan salam, mendoakan orang di sekitar kita diberi keselamatan dan keberkahan dari Allah Swt..

h. Hati menjadi tenang dan tenteram. Orang yang salat akan terhindar dari sifat gelisah, hatinya tenang dan hidupnya tenteram. 

i. Membina kebersamaan, persatuan dan persaudaraan. Salat berjamaah akan membina rasa kebersamaan, persatuan dan persaudaraan.

C. Praktik Salat

Materi PAI Daring Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 5
1. Berdiri tegak menghadap kiblat.

2. Takbiratul Ihram membaca Allahu Akbar.

3. Meletakkan tangan di antara pusar dan dada.

4. Ruku sambil membaca Allahu Akbar.

5. I’tidal sambil membaca Sammi‘allahuliman Hamidah.

6. Sujud sambil membaca Allahu Akbar.

7. Duduk di antara dua sujud sambil membaca Allahu Akbar.

8. Duduk tasyahhud awwal sambil membaca Allahu Akbar.

9. Duduk tasyahhud akhir sambil membaca Allahu Akbar.

10. Salam


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI



0 comments

Post a Comment