Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI Pembelajaran 8

 


PEMBELAJARAN 8

SENANG BISA MEMBACA AL-QUR'AN

Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 2 SD/MI Pembelajaran 8 memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Melafalkan Surat Al-‘Asr

    Surah al-'Ashr adalah surah dalam Al-Qur'an. Surah ini tergolong surah makiyah. Surah makiyah diturunkan di Makkah. Surah al-'Ashr terdiri dari 3 ayat. Surah ini tergolong surah pendek. Ayo, lafalkan Surah al-'Ashr berikut dengan fasih!


B. Pesan dalam Surat Al-‘Asr

    Surah al-'Ashr adalah surah ke 103 dalam Al-Qur'an. Nama al-'Ashr diambil dari ayat pertama surah ini. Al-'Ashr artinya masa atau waktu. Dalam Surah al-'Ashr dijelaskan bahwa manusia berada dalam keadaan merugi apabila tidak mengisi waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik.

    Allah Swt. akan memberikan pahala yang besar bagi setiap manusia yang melakukan amal baik. Amal baik akan membawa kita ke surga. Ada tiga kebaikan yang sudah disebutkan dalam Surah al-'Ashr, yaitu beramal yang baik, menasihati agar orang lain berbuat baik, dan kesabaran.

C. Disiplin Nabi Luth a.s

    Nabi Luth a.s. adalah kemenakan Nabi Ibrahim a.s.. Beliau sangat rajin beribadah. Nabi Luth a.s. diutus Allah Swt. untuk berdakwah kepada kaum Sadum yang suka berbuat maksiat. Nabi Luth a.s. terus berdakwah kepada kaumnya agar beriman kepada Allah Swt..Kaum Sadum terus menentang dakwah Nabi Luth a.s.. Akhirnya, turunlah azab Allah Swt. berupa hujan batu dari tanah keras yang dibakar. Azab tersebut menimpa mereka secara berturut-turut hingga mereka binasa. Hanya Nabi Luth a.s. dan kedua putrinya, serta para pengikutnya yang beriman, yang selamat dari azab tersebut.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

0 comments

Post a Comment