Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI Pembelajaran 9

 


PEMBELAJARAN 9

ALLAH MAHASUCI

Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 2 SD/MI Pembelajaran 9 memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Yakin Allah itu Maha Suci 

    Allah Swt. Mahasuci. Dia menyukai orang yang menyucikan diri. Menyucikan diri artinya membersihkan hati dari sifat-sifat tercela, membersihkan badan, pakaian, dan tempat dari sesuatu yang kotor. Allah menciptakan alam semesta. Dia adalah zat yang sempurna.

    Allah tidak mempunyai kekurangan seperti manusia. Manusia sering lupa, dan melakukan kesalahan. Allah tidak pernah lupa. Allah tidak pernah melakukan kesalahan. Dia tidak memiliki kekurangan satu pun. Kita harus meyakini bahwa Allah Mahasuci. Lafal subhanallah artinya Mahasuci Allah.

B. Al-Quddus 

    Al-Quddus artinya Allah Mahasuci. Al-Quddus adalah salah satu Asmaul Husna. Allah memiliki 99 Asmaul Husna. Asmaul Husna terdapat dalam Al-Qur'an. Allah tidak memiliki kelemahan seperti makhluk-Nya. Guna meneladani al-Quddus, kita harus menyucikan diri dari segala niat jahat. Kita harus membersihkan hati, membersihkan badan dari kotoran, dan membersihkan pakaian dari najis. Najis adalah sesuatu yang kotor yang harus dibersihkan.

    Dengan meyakini bahwa Allah Mahasuci kita dapat menerima segala ketetapan Allah dan tidak berprasangka buruk kepada-Nya. Kita juga harus bersikap rendah hati (tawaduk). Kita bukanlah manusia yang sempurna. Hanya Allah-lah yang Maha Sempurna. Kita tidak pantas menyombongkan diri. Allah Swt. menyukai orang-orang yang tawaduk. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Kita harus menerima kekurangan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Justru jika kita mengetahui kekurangan orang lain, kita harus menolongnya dengan ikhlas karena Allah.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

0 comments

Post a Comment