Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI Pembelajaran 6

 


PEMBELAJARAN 6

AYO BELAJAR

Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 1 SD/MI Pembelajaran 6 memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Semangat Belajar Nabi Idris a.s.

    Nabi Idris a.s. adalah keturunan keenam Nabi Adam a.s. Nabi Idris a.s memiliki nama asli Akhunkh. beliau dinamakan Idris karena banyak mempelajari kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah Swt.

    Nabi Idris a.s lahir di Munaf menjadi nabi kedua setelah Nabi Adam a.s. Karena ketekunan Nabi Idris a.s dalam belajar Nabi Idris a.s dikaruniai pengetahuan yang sangat luas. Nabi Idris a.s, dikaruniai beberapa kelebihan oleh Allah Swt..

    Allah Swt. mengaruniakan kepada Nabi Idris a.s. kecerdasan dan semangat belajar yang tinggi. Nabi Idris a.s. menguasai berbagai bahasa, ilmu alam, tulis-menulis, dan berhitung. Nabi Idris a s juga manusia pertama yang memakai pakaian berjahit. Nabi Idris a.s. adalah seorang yang pandai menjahit. Setiap kali menusukkan jarum jahitnya, Nabi Idris a s. selalu bertasbih. Nabi Idris a.s, sebagai penemu alat dengan adanya alat tulis tersebut. Nabi Idris as dapat memperdalam kegemaran beliau yaitu menggambar. Nabi Idris a s. pandai membuat denah rumah yang sederhana dengan sangat indah. Banyak orang yang meminta bantuannya. Mereka meminta dibuatkan denah untuk membangun rumah mereka. Selain itu, Nabi Idris a.s. juga merupakan orang pertama yang pandai melatih kuda dan ilmu binatang. sangat memudahkan tugas Nabi Idris a.s. dalam berdakwah.

B. Doa Belajar

    Kewajiban kamu adalah belajar. Belajar dengan rajin akan membuat kamu pandai. Belajar bisa dilakukan di mana saja. di sekolah, rumah, atau di tempat pendidikan Al-Qur'an. Rasulullah saw mengajarkan umatnya selalu berdoa sebelum melakukan kebaikan kita berdoa hanya kepada Allah Swt. Kita harus berdoa agar Allah Swt. memudahkan urusan kita. Sebelum belajar kamu juga harus berdoa agar ilmu kamu bisa bertambah. Bagaimana doa sebelum belajar? Coba perhatikan doa belajar berikut.

Doa Sebelum Belajar

Artinya :

Ya Allah, tambahkan ilmu kepadaku dan beri aku pemahaman

Doa Sesudah Belajar

Artinya :

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Yuuk Kita Nyanyi dulu.

Nada lagu: (Bila Kamu Suka Hati)

Bila kau ingin cerdas Ayo belajar (tepuk tangan 3 kali)

Bila kau ingin pintar Ayo belajar (tepuk tangan 3 kali)

Bila kau ingin cerdas Bila kau ingin pintar Ayo giat belajar, dan berdoa (tepuk tangan 3 kali)

 

C. Membaca dan Menulis

    Belajar atau menuntut ilmu hukumnya wajib adalah belajar membaca dan menulis. Menulis bisa menggunakan pensil atau bolpoin. Sebaiknya menulis di kertas yang kosong. bagi laki-laki maupun perempuan. Pelajaran pertama yang kamu dapatkan di sekolah Allah Swt. membekali manusia dengan akal dan pikiran. Manusia juga diberi mata dan tangan sehingga dapat membaca dan menulis. Kamu diajarkan huruf-huruf dan angka. Kamu juga diajarkan berbagai macam huruf. Apa saja huruf dan angka yang sudah kamu pelajari? Dengan mengenal huruf, kamu dapat membaca. 

    Selain membaca kamu juga dapat menuliskannya. Supaya kamu lancar dalam membaca. kamu harus sering berlatih. Perhatikan apa yang diajarkan gurumu. Setelah kamu bisa membaca kamu akan mengetahui banyak hal dari buku yang kamu baca. Banyak-banyaklah membaca karena membaca adalah gudang ilmu, artinya jika kamu banyak membaca kamu akan mendapat pengetahuan yang lebih banyak. Kamu juga harus sering berlatih menulis. Belajarlah menulis dengan rapi agar tulisanmu mudah dibaca dan dapat kamu pelajari.

D. Rajin Belajar

    Belajar artinya berusaha atau berlatih untuk memperoleh suatu kepandaian. Belajar dengan rajin akan membuat kamu pandai. Rajin belajar pangkal pandai. Belajar tidak hanya di sekolah. Di rumah kamu juga harus belajar. Aturlah waktu dengan baik untuk belajar dan bermain. Belajar harus dengan kemauan sendiri. Belajar harus dilakukan secara rutin. Di sekolah kamu harus memperhatikan dan mendengarkan pelajaran yang disampaikan gurumu. Jangan berbicara sendiri saat guru sedang menerangkan agar ilmu yang kamu peroleh bermanfaat di dunia dan di akhirat. Di rumah ulangi kembali pelajaran dari sekolah dan kerjakan tugas dari sekolah dengan baik dan teliti. Siapkan juga pelajaran untuk besok. Di rumah kamu dapat belajar sendiri atau berkelompok.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI


0 comments

Post a Comment