Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 8

 

PEMBELAJARAN 8

MARI BERPRILAKU TERPUJI

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 8 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Gemar Membaca

Bagaimanakah cara kita menjadi pandai? Kita pergi ke sekolah untuk belajar dan mendapat ilmu pengetahuan. Dengan membaca, kamu akan mendapatkan berbagai macam ilmu, ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Manfaat gemar membaca antara lain:

1. Menjadikan kita pintar,

2. Menambah pengetahuan dan informasi,

3. Memperbanyak ide

B. Pantang Menyerah

Anak-anak, pernahkah kalian membayangkan jika harus berangkat ke sekolah dengan menyeberangi sungai melalui jembatan yang hanya terdiri dari beberapa titian bambu? Pernahkah kalian berputus asa ketika mengerjakan tugas sekolah yang sulit? Anak yang semangat tidak cepat berputus asa dan gampang menyerah ketika menemui kesulitan. Mudah menyerah menjadikan kalian tidak sabar. Bukti sikap pantang menyerah antara lain:

1. Tetap semangat mengerjakan tugas sekolah, dan

2. Suka bekerja, tidak boleh berdiam diri

C. Rendah Hati

Bagaimana sikapmu terhadap pengemis yang berdiri meminta-minta di depan rumahmu? Agama Islam melarang umatnya untuk menghina orang yang lebih miskin darinya. Orang kaya tidak boleh memamerkan kekayaannnya di hadapan orang miskin. Orang yang pintar tidak boleh menghina orang yang tidak bisa. Allah tidak menyukai orang yang sombong. Oleh karena itu, kita harus memiliki sikap rendah hati karena sikap rendah hati merupakan sifat terpuji dan disukai oleh Allah. Contoh sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

1. Menyapa dan mengucapkan salam terlebih dulu jika bertemu dengan orang lain.

2. Menghargai orang lain dan tidak suka menghina.

3. Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.

4. Suka menolong dan memberi kepada orang lain.

5. Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman.

6. Bersikap tenang dan sederhana

D. Hemat 

Anak-anak, air adalah karunia Allah yang sangat berguna. Kita dapat menggunakan air untuk mandi, wu«u dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus hemat dan tidak boros (muba©ir) menggunakannya. Cara menghemat air adalah :

1. menutup kran air sesudah menggunakannya,

2. mengambil air secukupnya dari gayung. Selain air, kita juga harus menghemat uang jajan.

Anak yang hemat tidak menghabiskan uang jajannya setiap pergi ke sekolah tetapi menabung sebagian uangnya di tabungan.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

0 comments

Post a Comment