Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 7

 

PEMBELAJARAN 7

BERIMAN KEPADA MALAIKAT ALLAH

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 7 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Makna Beriman kepada Malaikat Allah

Anak-anak, tahukah kalian makna beriman kepada malaikat Allah? Nah, berikut ini adalah beberapa makna beriman kepada malaikat Allah:

1. Meyakini bahwa malaikat itu ada meskipun keberadaannya tidak bisa dilihat.

2. Meyakini bahwa malaikat itu makhluk ciptaan Allah dan tidak boleh disembah.

3. Meyakini bahwa malaikat memiliki sifat-sifat khusus, seperti selalu patuh kepada perintah Allah, tidak mati, diciptakan dari cahaya (nur); tidak makan dan tidak minum, dan memiliki tugas-tugas tertentu

B. Mengenal Malaikat Allah dan Tugas-tugasnya

Siapa di antara kalian yang tahu nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya? Ayo, coba sebutkan! Berikut ini adalah nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya yang harus diketahui oleh setiap muslim.

1. Malaikat Jibril, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu.

2. Malaikat Mikail, malaikat yang bertugas menyampaikan rezeki.

3. Malaikat Raqib, malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan baik manusia.

4. Malaikat 'Atid, malaikat yang bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan buruk manusia.

5. Malaikat Ridwan, malaikat yang bertugas menjaga pintu surga.

6. Malaikat Malik, malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka.

7. Malaikat Izrail, malaikat yang bertugas mencabut nyawa.

8. Malaikat Munkar dan Nakir, malaikat yang bertugas memberikan pertanyaan di alam kubur.

9. Malaikat Israfil, malaikat yang bertugas meniup sangkakala jika hari kiamat telah tiba

C. Menerima Keberadaan Malaikat Allah

Anak-anak, kita telah yakin bahwa malaikat itu ada. Kita telah diberitahu keberadaannya oleh Allah melalui sumber-sumber yang terpercaya, yaitu al-Qur'an dan hadis nabi. Cara menerima keberadaan malaikat adalah dengan:

1. Keyakinan yang pasti bahwa setiap saat kita takut dan ingat kepada Allah karena ada malaikat yang mencatat perbuatan kita dan Allah akan memberikan balasannya;

2. Banyak mengingat kematian;

3. Gemar mengerjakan perbuatan yang pelakunya didoakan para malaikat Allah; misalnya menuntut ilmu, mengunjungi karib dan kerabat, tidur dalam keadaan suci, dan memilih barisan paling depan dalam salat berjamaah.

D. Perilaku yang Mencerminkan Keimanan Kepada Malaikat Allah

Nah, anak-anak. Penjelasan tadi memberikan gambaran tentang beberapa perilaku yang mencerminkan keimanan kepada malaikat Allah. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang perilaku-perilaku tersebut.

1. Suka bersedekah (peduli untuk menolong sesama). Nabi Muhammad bersabda, “Tidak ada satu hari pun, pada saat para hamba bangun di waktu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya berkata, Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak. Yang lain mengatakan, Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang kikir.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

2. Gemar menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan-Nya. Misalnya, berbakti kepada orang tua, menghormati guru, dan menghargai kepada sesama. Selain itu mengunjungi orang yang sakit dan mendoakannya, mengunjungi saudara atau tetangga, dan sebagainya. Semua amal perbuatan kita akan dicatat oleh Malaikat Raqib dan Atid. Sebagaimana Allah berfirman, “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”. (Q.S Qaf /50: 18)


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

0 comments

Post a Comment