Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 6

 

PEMBELAJARAN 6

MARI BELAJAR Q.S AL-MA'UN DAN AL-FIL

        Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

       Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 6 ini memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Belajar Q.S al-Ma'un

Anak-anak, Q.S al-Ma’un adalah surah yang diturunkan di Mekah yang terdiri dari 7 ayat. Al-Ma’un artinya barang-barang yang berguna. Q.S al-Ma’un berisi tentang beberapa sifat orang yang mendustakan agama dan ancaman terhadap orang yang melakukan salat dengan lalai dan ingin dilihat oleh orang lain (riya). Surah ini juga menganjurkan agar kita mempunyai sifat yang dermawan dengan memberikan sebagian rezeki yang kita miliki kepada anak yatim dan orang miskin.

Sebagai seorang muslim, tentunya kalian ingin dapat membacanya dengan baik, dapat menghafalkannya dengan mudah, dan dapat menuliskannya dengan benar. Nah, untuk itu mari kita ikuti pelajaran ini dengan sungguh-sungguh.

Ayo, bacalah Q.S al-Ma’un berikut dengan sungguh-sungguh, awali dengan membaca basmalah!



B. Belajar Q.S al-Fil

Anak-anak, Q.S al-Fil adalah surah yang diturunkan di Mekah yang terdiri dari 5 ayat. al-F³l artinya gajah. Surah ini menceritakan tentang pasukan gajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin menghancurkan Ka'bah di Mekah. Pasukan bergajah tidak berhasil menghancurkan Ka'bah karena dijaga oleh Allah Swt. Sebagai balasan, Allah Swt. menghancurkan pasukan tersebut dengan mengirimkan burung Ababil yang menyerang mereka sampai binasa, surah ini berisi pesan bahwa Allah adalah Maha Kuasa dan kita sebagai hamba-Nya tidak boleh sombong.




Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

0 comments

Post a Comment